Pengurus HMI MPO Komisariat FE UII

" Ketua Umum : Idham Hamidi Sekretaris Umum : M.Arief Sukma Aji Wakil Sekretaris Umum : Geladis Fertiwi Bendahara Umum : Dovy Pradana Purnamawulan Kanit Keislaman : Agus Faryandi Kanit Pelatihan : Mujahid Musthafa Kanit Kajian dan Penlitian : Firzan Dwi Chandra Kanit Kewirausahaan : Muhammad Yadin Kanit PTKPJ : Teguh Hardityo Baskoro Kanit Pers dan Media Informasi : Egy Prastyo
Selasa, 17 Juni 2014

Kemuliaan dan Keutamaan Aisyah RA

Hasil kajian#1 5 juni 2013

Kemuliaan dan Keutamaan Aisyah RA

Beliau adalah ummul mukminin Ummu Abdillah Aisyah binti Abu Bakr, Shiddiqah binti Shiddiqul Akbar, istri tercinta Rasulullah SAW. Beliau lahir 4 tahun setelah diangkatnya Muhammad menjadi seorang Nabi. Ibu beliau bernama Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bi Abdi Syams bin Kinanah yang meninggal dunia pada waktu Rasulullah SAW masih hidup yaitu tepatnya pada tahun ke-6 H.
Rasulullah SAWmenikahi Aisyah dua tahun sebelum hijrah melalui sebuah ikatan suci yang mengukuhkan gelar Aisyah menjadi Ummul mukminim, tatkala itu Aisyah masih berumur 6 tahun. Aisyah adalah seorang wanita berparas cantik berkulit putih, sebab itulah ia sering dipanggil dengan “Humaira”. Selain cantik, ia juga dikenal sebagai seorang wanita yang SAW dalam mengemban amanah risalah yang akan menjadi penyejuk mata dan pelipur lara bagi diri beliau.  
Selain menjadi seorang pendamping yang selalu siap memberi dorongan dan motivasi kepada suami tercinta di tengah beratnya medan dakwah dan permusuhan dari kaumnya, Aisyah juga tampil menjadi seorang penganut ilmu yang senantiasa belajar dalam madrasah nubuwwah di mana beliau meniimba ilmu langsung dari sumbernya. Beliau tercatat termasuk orang yang banyak meriwayatkan hadist dan memiliki keunggulan dalam berbagai cabang ilmu di antaranya ilmu fikih, kesehatan, dan syair Arab. Setidaknya sebanyak 1.210 hadist yang beliau riwayatkan telah disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim dan 174 hadist yang hanya diriwayatkan telah disepakati oleh Imam Bukhari serta 54 hadist yang hanya diriwayatkan oleh Imam Muslim.
Beberapa kemuliaan Aisyah diantarannya :   
1.      Beliau adalah satu-satunya istri Nabi SAW yang dinikahi tatkala gadis.
2.      Beliau adalah orang paling dicintai oleh Rasulullah SAW dari kalangan wanita.
3.      Aisyah adalah wanita yang paling alim daripada wanita lainnya.
4.      Para pembesar sahabat apabila ketidakpahaman dalam masalh agama maka mereka datang kepada Aisyah dan menanyakannya hingga Aisyah menyebutkan jawabannya.
5.      Tatkala istri-istri Nabi SAW diberi pilihan untuk tetap bersama Nabi SAW dengan kehidupan apa adanya, atau diceraikan dan akan mendapatkan dunia, maka Aisyah adalah orang pertama yang menyatakan tetap bersama Nabi SAW bagaimanapun kondisi beliau sehingga Nabi SAW yang lain mengikuti pilihan-pilihannya.
6.      Syariat tayamum ddisyariatkan karena sebab beliau.
7.      Aisyah adalah wanita yang dibela kesuciannya dari langit ketujuh.
8.      Barang siapa yang menuduh beliau telah berzina maka dia kafir, karena Al Quran telah turun dan menyucikan dirinnya, berbeda dengan istri-istri Nabi SAW yang lain.
9.      Dengan sebab beliau Allah SWT mensyariatkan hukuman cambuk bagi orang yang menuduh wanita muhshanat berzina, tanpa bukti yang dibenarkan syariat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Alamat Sekretariat:Jl. Pawiro Kuwat 187 B(Selatan Kampus FE UII) Condong Catur,Sleman Yogyakarta Indonesia
 
;